Minggu, 10 Juli 2016

SMART CITY IN ASIA


1.   Seoul (Korea Selatan)
Seoul dibilang pantas menyandang smart city bukan lantaran di dalam ibu kota Korea Selatan ini terdapat dua perusahaan raksasa Samsung dan LG. Namun lebih pada ambisi pemerintah setempat untuk mewujudkan Seoul sebagai kota cerdas berbasis pelayanan publik melalui teknologi informasi. Di kota Seoul terdapat infrastruktur kabel optik terpanjang yang menghubungkan antarrumah untuk menopang akses internet tercepat dan termurah di dunia. Setidaknya, untuk koneksi 10 Mbps, warga hanya dikenakan sekitar 20 USD. Fasilitas ini pada akhirnya mendorong Korea Selatan sebagai negara dengan penetrasi internet terbesar di dunia.

Kecanggihan teknologi informasi di Korea Selatan semakin menggemaskan dalam lima tahun terakhir. Beragam ekosistem perintis (startup) mengalami pertumbuhan secara luar biasa pesat. Fenomena ini muncul berlatar pada dua hal, pertama mudahnya fasilitas dan akses  internet memupuk generasi muda untuk berlomba menggeluti enterpreneur di bidang teknologi informasi, dan kedua, karena Pemerintah Korea Selatan mencurahkan dukungan penuh terhadap segala hal yang memiliki kait-paut dengan dunia teknologi informasi.

Di bidang transportasi publik, Seoul memiliki prinsip menyajikan kemudahan dan kenyamanan secara total kepada para penggunanya. Di setiap stasiun Subway dipasang fasilitas Digital View. Seperti halnya alat komunikasi sekelas ponsel, perangkat ini memberikan keleluasaan bagi para pengguna untuk melakukan panggilan domestik secara gratis.

Melalui paket perangkat Digital View, warga Seoul juga mendapatkan segenap kemudahan dalam bidang pelayanan publik. Dengan bentuk layar lebar dan menggunakan operasi sentuhan jari, perangkat ini menyajikan akses pembayaran umum, pajak, daftar film bioskop, kupon gratis, informasi cuaca dan aneka fitur lainnya.

Tidak hanya di Seoul, gagasan smart city juga mulai dirasakan manfaatnya di sebuah distrik bernama Gangnam. Setidaknya 3.500 CCTV dipasang di setiap pelosok dan sudut gedung hingga lorong sempit demi mewujudkan rasa aman kepada setiap warga yang melintas. Pemerintah kota setempat juga menyiapkan software dan hardware pengontrol keamanan yang memungkinkan bagi warganya untuk mendapatkan bantuan secara cepat. Semuanya, dihubungkan dalam jaringan internet dengan kekuatan koneksi yang tinggi.



2.  Tokyo dan Yokohama (Jepang)


 Dalam sekali peluncuran indeks kota pintar versi CIMI saja, Jepang mampu  memunculkan dua kota dalam jajaran 10 terbaik smart city dunia, yakni Tokyo dan Osaka. Bahkan dalam setiap hasil survei terkait predikat kota pintar, Negeri Sakura seakan tak pernah absen untuk menyertakan salah satu dari kota yang dimiliki.
Negeri Matahari Terbit ini setidaknya memiliki 12 proyek kota pintar yang sedang berjalan. Sebagai percontohan, Jepang memiliki satu andalan kota lain selain Tokyo dan Osaka, yakni Yokohama. Kota ini merupakan kota kecil yang masih menjaga keasrian sehingga kerap meraih juara dalam tata kota di bidang ekosistem dan lingkungan hidup.
Soal lingkungan hidup, kota-kota lain bisa belajar pada Yokohama Smart City. Kota dengan jumlah penduduk 3.7 juta jiwa ini memiliki proyek infrastruktur untuk memfasilitasi ‘renewable energies’ dengan skala besar yang mampu mentrasformasi kota menjadi kota yang rendah karbon sambil menjaga dan mengutamakan kenyamanan penduduk.
Dalam forum Asia Africa Smart City Summit di Bandung, Jawa Barat pada 2015 lalu, Akademisi Waseda University, Jepang, Toshio Obi memaparkan ihwal keberhasilan negaranya dalam mengembangkan konsep smart city. Menurut dia, Jepang memiliki lima standar yang dipakai untuk mewujudkan cita-cita smart city, yakni pemerintahan yang cerdas, ekonomi, mobilitas, lingkungan, sumberdaya manusia, dan kawasan perumahan.
"Tokyo bisa menjadi smart city karena kekuatan transportasinya," kata Obi kepada Metrotvnews.com.
Untuk Tokyo dengan jumlah 35 juta penduduknya, pemerintah Jepang membangun Subway dengan peta yang terhubung dengan seluruh tujuan bepergian warganya. Meski tampak rumit secara penggambaran jalur, namun minat masyarakat untuk memilih transportasi umum berupa kereta bawah tanah menjadikan arus lalu lintas lebih teratur dan tertib.
"Kelebihannya Subway sangat cocok dengan perekonomian masyarakat," ujar dia.
Selain Tokyo, Osaka dan Yokohama. Jepang juga memiliki Toyota Smart City. Kota cerdas yang dibangun oleh perusahaan otomotif raksasa itu pada akhirnya mampu memberikan sumbangsih untuk persoalan populasi, transportasi publik, industri, pendidikan, juga lingkungan hidup.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar