Minggu, 10 Juli 2016

SMART PEOPLE


SMART PEOPLE ADALAH SALAH SATU DIMENSI PENTING DARI SMART CITY, SMART PEOPLE TERSEBUT DAPAT DIARTIKAN SEBAGAI MASYARAKAT YANG BERPATISIPASI SECARA LANGSUNG DEMI TERCIPTANYA SMART CITY.
MODAL SOSIAL DALAM SMART PEOPLE TERHADAP SMART CITY SANGAT TERPENGARUH BESAR MELALUI:
1. MENINGKATNYA RASA TANGGUNG JAWAB  TERHADAP KEPENTINGAN PUBLIK 
2. MELUAS PARTISIPASI DALAM PROSES DEMOKRASI 
3. MENGUATNYA SERASIAN, DAN MENURUNNYA KEJAHATAN.
Dalam proses penerapannya smart people ini dapat berbentuk komunitas-komunitas maupun organisasi-organisasi masyarakat turut mendukung konsep smart city maupun individu-individu yang mempunyai gagasan yang kreatif untuk mewujudkan perkembangan smart city, individu tersebut bisa berupa city leader ataupun forward thingkers.

 Sebagai contoh komunitas pecinta lingkungan(greenpeace) :


Komunitas ini bergerak dalam rencana melindungi alam sekitar demi keselarasan juga masa depan yang lebih baik. Komunitas ini adalah salah satu contoh dari “smart people” mengingat penerapan smart city bukan hanya dalam bentuk fisik saja tetapi harus ada dukungan dari masyarakat agar mengerti apa yang harus mereka lakukan dengan bentuk fisik kota yang sudah ada.
Butuh banyak orang-orang yang kreatif untuk mendukung terciptanya smart city dan diberi perhatian dan dikembangkan agar lebih banyak lagi masyarakat yang ikut partisipasi dalam perencanaan kota sehingga pembangunan kota tidak sia-sia. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar